Jumat, 05 Oktober 2012

Teknik-Teknik merangkai bunga

A.Basing (pembuatan dasar)

 Basing (pembuatan dasar) adalah istilah umum yang menggambarkan teknik-teknik yang dipakai untuk melukiskan suatu dasar desain. Dalam dunia seni, istilah basing berlaku untuk stabilitas fisik yang diberikan pada sebagian pahatan pada dasarnya. Dalam desain bunga,Clustering (pengumpulan) &Terracing (pembuatan teras) adalah dua teknik basing. Teknik-teknik itumeningkatkan penampilan desain dengan menambah warna, tekstur, dan bobot visual.Dasar desain ini diciptakan dengan tekstur & warna yang dibeda-bedakan. Cluster-cluster kecildari kumpulan bunga Calanchoe & moss-moss meliputi sebagian besar dasar, ketika kerucut spiral(yang melingkar-lingkar) dan daun-daun salal yang ditempatkan secara tegak membuyarkan polayang umum itu. Penempatan yang pararel dari bahan-bahan yang muncul pada komposisi itu lebihlanjut memberi tekanan pada teknik basing yang dipakai itu.

B.Focal Area (daerah pusat perhatian)
 Suatu titik focal (focal yang menjadi pusat perhatian) secara tradisional adalah suatu titik khususdimana semua bahannya bertemu dan berangkat. Titik itu biasnya ditempati oleh bunga khusus.Desainer kontemporer telah memperluas definisi titk khusus itu dan menciptakan ungkapan “focalarea”. Suatu fokal area tersusun dari lebih dari satu bahan dan memperoleh perhatian dari orangyang melihatnya. Focal area lebih luas daripada focal point/titik focal & sering berisi tekstur-tekstur dan warna-warna yang dibeda-bedakan untuk penambahan daya tarik. Beberapa desainkontemporer berisi lebih dari satu focal area.Contoh focal area ini tersusun dari lebih dari satu bahan. Semua bahan bertemu dalam area yanglebih luas yang dibentuk oleh kuncup bunga Bakung. Tekstur pita kertas yang mengkontraskan,daun-daunan, tanaman kacang polong, dan filter yang jelas terpilih untuk desain ini menambah pesonanya.

C.Terracing (pembuatan teras)

Terracing adalah suatu teknik pembuatan dasar basing. Bahan-bahan yang sama yang kadang-kadang diberi peringkat ukuran ditempatkan pada suatu urutan anak tangga mendatar, dari depan ke belakang. Teknik ini dapat diterapkan untuk bunga-bunga, daun-daunan segar, dan bahan-bahankering, atau sebenarnya bahan apapun yang digunakan pada komposisi bunga. Terracing menambahtekstur & dimensi pada desain dasar. Banyak bahan-bahan alami tumbuh pada pola anak tangga ini,menjadikan terracing teknik yang bagus untuk penyelesaian dasar dari desain vegetative/tanaman.Beberapa bahan dibuat berjenjang-jenjang pada komposisi yang sangat indah ini. Bunga anggur laut, daun-daun coculus, potongan-potongan kecil jamur, dan dua gerbera dibuat berjenjang padacontoh ini. Teknik terracing yang digunakan disini menambah pengaruh dramatis pada desain gayanatural.Pengulangan teknik terracing dalam desain ini menciptakan rasa kesatuan dalam jumlah bahanyang minimal. Daun-daun galax, kulit kayu cemara, dan gerbera dikontrol secara hati-hati dalam penempatannya & jumlahnya. Ketika suatu teknik diulangi, suatu area terracing harusmendominasi. Gerbera yang dibuat berjenjang-jenjang mengendalikan dasar & mewakili areaterluas dari bobot visual. Area dedaunan & kulit kayu penampilannya lebih kecil & merupakan pengelompokan yang kurang dominan.

D.Grouping (pengelompokan)

Pengelompokan digunakan untuk menciptakan suatu perasaan yang terencana & teroganisir.Bahan-bahan yang ditempatkan dalam kelompok-kelompok punya pengaruh lebih besar daripada bahan-bahan “polka dotted” (terbintik-bintik) di segenap desain. Pengelompokan bahan-bahanmemungkinkan orang yang melihat menghargai keanekaragaman, warna, bentuk, tekstur masing-masing dari bahan itu dan membedakannya dengan yang lain secara layak.Bahan-bahan dalam komposisi ini diorganisir dengan keanekaragaman & diperagakan dalam pengelompokan-pengelompokan. Tiap area yang ditetapkan punya ruang/jarak yang luas antar  bagian masing-masing dari kelompok itu, memungkinkan mata melihat jumlah, jenis & warna bunga-bunga secara pasti. Bahkan, dedaunan yang dikelompokkan dalam area yang dibatasimenambah rasa keteraturan ini.Dalam desain bunga,clustering /pengelompokan adalah suatu teknik penempatan bahan. Bahan- bahan yang terlalu kecil untuk dikenali/dilihat sebagai komponen yang berdiri sendiri-sendiri dikelompokkan untuk pengenalan sebagai satu unit warna atau tekstur tersendiri. Teknik
clustering ini bisa dipakai pada badan suatu desain untuk menyembunyikan bagian dari base/dasar.

E.Zoning (pemilihan area yang dikembangkan)

Istilah zoning sering digunakan untuk suatu area yang lebih luas daripada komposisi sederhana bunga. Menggunakan prinsip yang sama dengan komunitas atau kota yang dibagi-bagi, bunga- bunga dapat dibagi-bagi (menurut jenis atau warna) ke dalam bagian-bagian khusus yang lebih luas.
Misalnya, sebuah tingkatan 20 feet di depan dekorasi yang menonjolkan suatu warna bunga-bungayang berbeda setiap 5 feet.Mentelpiece(kayu diatas tungku) kontemporer ini adalah suatu versi kecil dari teknik zoning.Setiap bahan kering secara khusus ditandai pada zona/bagian wilayah yang terbatas. Dasar papangudang dikerjakan dengan mulut moss, kulit batang cemara, & batu-batu yang menyatukan setiapzona (bagian wilayah) tanaman.

F.Sequencing (pengurutan)

Pengurutan adalah teknik desain yang menyajikan bahan-bahan dari yang terkecil sampai yanglebih besar, dari warna yang lebih terang sampai ke yang lebih gelap, atau dari bunga-bunga yangkuncup sampai bunga yang terbuka penuh.Pengurutan bahan-bahan ini praktis karena kebanyakan batang & bunga berisi lebih dari satuukuran atau tingkat keanekaragaman. Peraturan umum untuk pengurutan bunga adalahmenggunakan bahan yang terang atau kecil luar desain, & bahan yang lebih terang atau lebih beratsecara visual pada pusat/dasar. Aturan sederhana ini membantu membentuk keseimbangan visualdesain.Beberapa bahan dalam komposisi ini disajikan dengan mengguankan teknik pengurutan “in”.Bunga Bakung Stargezer yang tertutup mulai pada bagian atas dan maju/bergerak ke kumpulan bunga yang terbesar dan terbuka penuh ( fully opened flower ). Kuncup bunga tulip & ranunculus mengikuti pola bunga bakung yang sama. Pola yang diikuti oleh bunga-bunga ini adalah saturangkaian dengan sifat alami : bunga-bunga mekar di bawah, dan bergerak ke kuncup bunga di atas.

G.Banding (pembalutan)

Teknik banding dipakai untuk menekankan atau menarik perhatian pada bahan tertentu. Dalam bentuknya yang paling murni, banding tidak punya tujuan fungsional, semata-mata hanya penghias.Banding digunakan sebagai penghias seperti halnya orang memakai gelang.Burung dari dahan-dahan surga dalam contoh ini dibalut dengan raffia sebagai hiasan teknik inidiulangi tiga kali, untuk menarik perhatian pada batang bunga linear/lurus yang kuat. Tiga balutanraffia itu adalah aksen/tekanan kontemporer, memusatkan mata orang yang melihat pada suatu areakhusus dalam komposisi itu. Binding (peningkatan) adalah teknik untuk mengikat tiga batang atau lebih secara fisik dansecara bersamaan. Ikatan bunga-bunga yang dibentuk dengan memakai teknik ini dibatasi sertaditopang oleh bahan yang mengikatnya bersama. Binding berbeda dengan banding karena bindingmenahan batang secara fisik di tempat. Keduanya supaya menarik perhatian.
Pengikatan bahan pada desain yang digambarkan mengasimilasi (membaurkan) ikatan-ikatan bunga yang dipetik segar. Raffia berwarna itu menahan batang-batang tulip, amaryllis, dan muscaridi tempat untuk membatasi & memberi topangan fisik pada area desain ini. Teknik binding iniadalah suatu metode sederhana untuk menyajikan bahan-bahan dengan gaya & pengaruh.

H.Framing (pembuatan kerangka)

Framing adalah teknik penempatan bahan yang memusatkan mata orang-orang yang melihat pada area tertentu. Secara tradisional, bahan-bahan ditempatkan di luar komposisi untuk menekankan area tertentu (seringkali focal area/daerah pusat perhatian). Kadang-kadang teknik ini bisa digunakan untuk memisahkan satu bahan tertentu. Teknik ini mengambil namanya dari karyaseni, seperti halnya suatu kerangka
iqandah menarik perhatian terhadap lukisan yang agung, makagaris batas desain bunga dapat menarik perhatian pada bunga-bunga itu.Hal membingkai/menjadi batas bagi kumpulan bunga kalanchoe pusat dalam contoh yangdramatic ini. Batang-batang bunga kering yang melengkung itu menjauhkan mata dari pusat desain& mengembalikannya lagi untuk menikmati hue merah-oranye yang brilian.

I.Paralelism

Paralelisme adalah suatu metode penempatan bahan dalam komposisi bunga. Garis-garis yangsama jaraknya mungkin tegak, mendatar atau diagonal. Dalam bentuknya yang paling asli, paralelisme tampak dingin dan terstruktur. Ini adalah suatu disiplin penempatan bunga yangmemerlukan garis-garis lurus panjang pada kelompok yang terdiri minimal dua garis.Paralelisme dalam desain ini diulang pada bunga-bunga dan dedaunan. Kelompok bahan-bahanyang sama berbentuk garis tegak sejajar digunakan pada ketinggian yang berbeda pada komposisiitu. Jika garis-garis vertikal bahan-bahan itu diperpanjang secara tidak tentu/tanpa batas yang jelas,garis-garis itu akan bertemu tetapi jaraknya akan mungkin sama. Garis-garis sejajar tak akan perrnah menyebar dari titik yang sama. Garis-garis itu muncul dari titk-titik yang berbeda dengankontainer.

1 komentar: